Kamis, 23 Mei 2013

MANFAAT JAMBU BIJI MERAH

Manfaat Jambu Biji Merah
Buah yang memiliki nama latin Psidium guajava adalah tanaman tropis yang banyak tersebar khususnya di benua ASIA, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam – manis. Kali ini kita akan mengungkap apa saja khasiat yang terkandung pada jambu biji merah.
Jambu biji merah termasuk buah yang menjadi salah satu favorit bagi banyak orang, namun diantara mereka kadang tidak begitu paham akan khasiatnya sehingga banyak pula orang yang kurang begitu tertarik akan jambu biji merah, padahal perlu diketahui pula bahwa banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat dalam buah ini bagi kehidupan kita, so… bagi yang kurang menyukai buah ini sangat rugi loh hehehe, karena buah ini mengandung vitamin C, A, B kompleks, serat dan banyak mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.
Secara Rincinya Kandungannya Sebagai Berikut
Buah, daun dan kulit batang pohon jambu biji merah mengandung tanin, sedang pada bunganya tidak banyak mengandung tanin. Daun jambu biji merah juga mengandung zat lain kecuali tanin, seperti minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin. Kandungan buah jambu biji merah (100 gram) antara lain adalah :
Kalori 49 kal
Vitamin A 25 SI
Vitamin B1 0,02 mg
Vitamin C 87 mg
Kalsium 14 mg
Hidrat Arang 12,2 gram
Fosfor 28 mg
Zat Besi 1,1 mg
Protein 0,9 mg
Lemak 0,3 gram
Air 86 gram
Serat Larut 5,4 gram per 100 gram buah dan 14% dari DRA
Senyawa antioksidan poli-fenolik
Flavonoid
Zat Likopen
dll

hehe setelah kita berbagi info tentang kandungannya Tsumasaga mau berbagi tentang khasiatnya dalam kesehatan tubuh kita nih sobat hehee pantengin terus yah artikelnya :-)
Khasiat Jambu Biji Merah Bagi Tubuh Kita ataupun Dalam Pengobatan dan Pencegahan Penyakit :
Manfaat Jambu Biji
  1. Pencegahan Kanker
    sel kanker
    Jambu biji rendah akan kalori dan lemak namun mengandung vitamin penting diantaranya, mineral, dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid yang berperan penting dalam pencegahan kanker, anti-penuaan, serta meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Melancarkan Proses Pencernaan
    Buah ini sangat kaya sumber serat larut (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari DRA), yang baik untuk memperlancar pencernaan. Serat membantu melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi efek buruk racun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.
  3. Sebagai Sumber Antioksidan
    Vitamin C, menyediakan lebih dari tiga kali dari kebutuhan asupan harian. Kulit Luar jambu biji mengandung tinggi vitamin C daripada bagian tengahnnya.
  4. Bermanfaat Sebagai Desinfektan dan Anti Bakteri
    Jambu biji kaya akan astringent yang bersifat alkali dan memiliki manfaat sebagai desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan diare atau disentri yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba. Lebih lanjut, nutrisi lain dalam jambu biji merah, seperti vitamin C, karotenoid dan kalium memperkuat dan meremajakan sistem pencernaan.
  5. Menjaga Kesehatan Fungsi Otak dan Saraf
    Vitamin B pada jambu biji memainkan peran penting dalam kesehatan fungsi otak. Jambu biji kaya akan vitamin B3 dan B6. Vitamin B3,dikenal juga sebagai niasin yang berfungsi merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah, dan vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, adalah nutrisi penting untuk otak dan fungsi saraf.
  6. Sebagai Pengokoh Kekebalan Tubuh dan Penangkal Radikal Bebas
    Studi ilmiah menunjukkan bahwa konsumsi buah – buahan yang kaya vitamin C secara rutin membantu tubuh menjadi lebih kuat melawan infeksi, penyebab kanker serta radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh.
  7. Buah jambu biji merupakan sumber Vitamin A dan flavonoid
    Sumber Vitamin A dan flavonoid itu diantaranya seperti beta-karoten, Zat likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa yang diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan. vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir tetap sehat dan untuk kulit. Konsumsi buah-buahan alami kaya akan karoten dikenal untuk melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.
  8. Info Tambahan :
    Zat Likopen
    Zat likopen adalah senyawa kartenoid yang biasa disebut dengan zat anti kanker.Zat ini biasanya terkandung dalam buah buahan berwarna merah termasuk jambu biji merah. Zat ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah sebagai pencegah kerusakan kulit dari efek sinar UV dan memberikan perlindung tubuh dari berbagai macam jenis penyakit, terutama kanker. Dari kanker leher rahim, kanker prostat, kanker usus, dan kanker lambung.
  9. Membantu Mengontrol Detak Jantung dan Tekanan Darah
    Jambu biji segar sangat kaya akan kalium, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan pisang per 100 gram berat buah. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
  10. Jambu biji juga merupakan sumber vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, niasin, vitamin B6 (pyridoxine), vitamin E dan K, dan mineral seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai faktor rekan untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga dibutuhkan dalam produksi sel darah merah.
Ragam Pemanfaatan
    Menurut dokumentasi Parimin S.P. dan PDII–LIPI, di berbagai tempat, jambu biji lazim digunakan sebagai pengobatan dengan penyajian sebagai berikut:
  1. Ramuan Penguat jantung, membantu sistem pencernaan, dan anti kanker
    Jus jambu biji 200 ml Jus apel 400 ml Jus melon 200 ml Madu murni 100 cc Blender semua bahan sampai halus kemudian simpan di lemari pendingin. Minum secara teratur setiap pagi dan sore masing-masing 300 cc.
  2. Ramuan Pengobatan Demam Berdarah Dengue (DBD) Ramuan 1: Jambu biji matang dan mengkal 3 buah dicuci bersih. Jambu yang sudah matang diblender sampai halus lalu disaring sehingga diperoleh jus jambu biji.
    Jus jambu biji diminum tiga kali sehari sampai DBD sembuh. Buah yang mengkal dimakan langsung bersama kulitnya. Biji buah tidak perlu ikut dimakan.
    Ramuan 2: Daun jambu biji segar 1 kg dicuci bersih, kemudian dipotong kecil-kecil (rajang). Blender dengan air secukupnya hingga halus. Saring dan endapkan, sehingga ekstrak daun terpisah dengan air. Oven ekstrak daun tersebut agar tahan lama.
    Cara pemakaian: – Masukkan ekstrak ke dalam kapsul lalu minum dua kali sehari, setiap pagi dan sore. – Minum ekstrak daun bersama sirop jambu biji dengan takaran 1 sendok teh untuk 1/2 liter sirop yang diencerkan. Minum secara teratur sampai keluhan sembuh.
  3. Ramuan Pengobatan Diare Ramuan 1: Daun jambu biji 30 gr ditambah segenggam tepung beras direbus dengan 1-2 gelas air. Larutan diminum 2 kali sehari.
    Ramuan 2: Tiga lembar daun jambu biji muda segar dikunyah dengan sedikit garam, lalu ditelan. Lakukan sehari 2 kali.
    Ramuan 3: Enam lembar daun jambu biji dicuci bersih lalu ditumbuk sambil diberi 1 cangkir air matang, peras, minum airnya. Cukup untuk diminum 2 kali sehari. Minum air perasannya. Lakukan setiap hari secara teratur, sampai benar-benar sembuh.
  4. Ramuan Pengobatan Maag Delapan helai daun jambu biji dicuci, rebus dengan 1,5 liter air. Minum 3 kali sehari.
  5. Ramuan Pengobatan Disentri
    Siapkan akar daun jambu biji secukupnya dan daun jambu 10 lembar. Potong-potong akar dan daun, cuci bersih, lalu rebus dengan air secukupnya selama 20 menit pada suhu 90 derajat Celsius. Saring air rebusan lalu minum secukupnya secara teratur sampai keluhan hilang.
  6. Ramuan Pengobatan Luka
    Tiga pucuk daun jambu biji dicuci, kunyah sampai lumat. Tempelkan pada luka. Kandungan astringent-nya dapat menghentikan perdarahan.
  7. Ramuan Pengobatan Keputihan
    jamur-keputihan
    Keputihan Dua genggam daun jambu biji muda dan 7 helai daun sirih dicuci, rebus dengan segelas air, saring. Tunggu agak dingin lalu minum. Cukup untuk diminum 2 kali sehari.
    INFO
    Artikel Tentang Keputihan :
    Mengenai Keputihan dan Tips Menyembuhkannya
  8. Ramuan Perut Kembung Pada Anak
    Tiga helai daun jambu biji, 2 cm kulit batang pulasari, 5 butir adas direbus dengan 1,5 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring. Minum 3 kali sehari. Dosis untuk anak di bawah umur 3 tahun sesendok makan, di atas 3 tahun 2 sendok makan.
  9. Ramuan Penyakit Sakit kulit Ramuan 1: Segenggam daun jambu biji muda dan 7 kuntum bunga jambu biji dicuci, lumatkan sampai halus. Gosokkan pada kulit yang sakit.
    Ramuan 2: Daun jambu biji segar 500 gram dipotong-potong lalu direbus dengan air panas 90 derajat Celsius selama 20 menit. Saring air rebusan lalu gunakan untuk mandi selagi airnya masih hangat. Lakukan secara teratur sampai penyakit kulit hilang.
  10. Ramuan Pengobatan Diabetes
    Satu buah jambu biji yang masih mengkal dipotong-potong, rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas, saring. Minum 2 kali sehari.
  11. Ramuan Agar Tidak Bekser (sering buang air kecil)
    Tiga pucuk daun jambu biji dicuci, lalap dengan sedikit garam dan merica. Makan setiap siang dan malam selama 2 hari.
  12. Ramuan Pengobatan Sariawan Ramuan 1: Rebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air, saring. Minum 2 kali sehari.
    Ramuan 2: Daun jambu biji muda 2 lembar, daun sirih segar 1 lembar, daun saga segar satu genggam dicuci sampai bersih. Tumbuk semua bahan sampai halus lalu tambahkan air. Peras adonan itu lalu gunakan airnya untuk kumur-kumur 2-3 kali sehari.
  13. Luka berdarah atau borok di sekitar tulang
    Lumatkan daun jambu biji segar, tempelkan di tempat yang sakit. Lakukan beberapa kali sehari.
  14. Ambeien Ramuan 1: Daun jambu biji muda atau pucuknya dan sebuah pisang batu dicuci, lalu ditumbuk. Minum air perasannya. Lakukan setiap hari secara teratur, sampai benar-benar sembuh.
Referensi :
  1. http://boenesaja.blogspot.com/2012/03/manfaat-jambu-biji-untuk-kesehatan.html
  2. http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=178348:14-khasiat-jambu-biji&catid=28:kesehatan&Itemid=48
  3. http://manfaat.org/manfaat-jambu-biji
  4. http://id.wikipedia.org/wiki/Jambu_biji
  5. http://silverlov3.blogspot.com/2011/07/jambu-biji-merah-guava.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar