Jumat, 17 Mei 2013

SOSIALISASI TERHADAP LINGKUNGAN


SOSIALIASASI TERHADAP LINGKUNGAN
 Cara bersosialisasi didalam masyarakat itu mudah,hanya dengan percaya diri dan kemauan dari diri kita untuk mau berhubungan dengan dunia luar atau dunia yang ada disekitar kita.
1.      Mengembangkan bakat untuk berbicara kecil dan memiliki beberapa topik siap untuk  kita bicarakan dimuka umum,dengan kita menyiapkam topik untuk bersosialisasi maka kita takkan kehabisan topik pada saat bersosialisasi. Dengan keadaan kita yang tak pernah kehabisan topik ini,maka individu yang ada disekeliling kita akan merasa nyaman disamping kita.
2.      Tanyakan pertanyaan terbuka untuk memungkinkan orang lain untuk mendiskusikan latar belakang, kisah-kisah pribadi, pekerjaan atau hiburan. Dengarkan dengan saksama dan mengganggu hanya untuk mengajukan pertanyaan klarifikasi.Orang akan berpikir Anda seorang komunikator yang sangat baik bahkan jika semua yang Anda lakukan adalah mendengarkan.
3.      Menyisipkan sedikit  humor disaat pembicaraan,dengan menyisipkan humor disaat bersosialisasi maka individu yang ada disekeliling kita akan merasa bahwa kita adalah orang yang asyik untuk diajak berbicara,karena menyisipkan humor dalam pembicaraan. Tetapi kita juga harus bisa membedakan mana saat serius atau tidak serius,jika dalam keadaan serius lebih baik anda tidak menyisipkan humor disaat pembicaraan.
4.      Hormati orang lain ketika Anda berbicara.Jika Anda melihat orang lain melipat lengan mereka atau mengambil langkah dari Anda, Anda mungkin akan mendapatkan tidak nyaman. Untuk itu kita harus menjaga tatakrama dan sopan santun pada saat bersosialisasi. Karena dengan sopan santun aknda akan mendapat nilai lebih dimata orang lain.
5.      Senyum , walaupun anda dalam keadaan sesulit apapun pada saat bersosialisasi, anda jangan pernah lupa dengan suatu hal yaitu “senyum”. Karena dari senyumlah seseorang dapat melihat anda adalah sosok pribadi yang bijaksana dan sabar dalam menerima masalah.
6.      Berkomunikasi dengan baik dan benar , dengan berkomunikasi yang baik dan benar dalam bersosialisasi maka seseorang akan mengetahui bahwa anda adalah sosok yang disiplin.

D.     Bagaimana cara bersikap yang benar
Bersikap dalam suatu lingkup sosialisasi adalah hal yang sangat kompleks,karena dari sikaplah seseorang dapat mengetahui apakah kita sosok yang baik atau tidak baik, kesalahan dalam bersikap akan membuat kita dijauhi bahkan diasingkan dari suatu lingkup masyarakat, tetapi jika kita benar dalam bersikap,maka akan banyak hal positif  datang untuk kita,diantaranya adalah dukungan dari masyarakat disekitar kita untuk kita . bersikap yang benar dalam bersosialisasi diantaranya adalah menjaga etika dalam bersikap dan berbicara, etika dalam bersikap dan berbicara akan sangat menentukan apakah diri kita yang sebenarnya. Selain etika,adalagi yang harus kita perhatikan dalam bersosialisasi yaitu sopan santun,hampir sama dengan etika namun hal ini lebih serius karena jika kita tidak sopan santun dalam bersosialisasi maka kita akan dapat teguran dari orang disekitar kita. Untuk itu kita harus menjaga cara bersikap yang benar dalam sosialisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar